Minggu, 20 Juli 2008

Sewa Apartemen di Singapura


Menyusul postingan saya mengenai penginapan murah di Singapura disini, banyak sekali pengunjung blog saya yang menanyakan informasi mengenai sewa kamar jangka pendek (harian atau mingguan) di apartemen-apartemen di Singapura. Hal ini dikarenakan, secara umum, harga sewa kamar di apartemen seperti ini lebih murah dibandingkan menyewa kamar di hotel.

Biasanya, apartemen-apartemen tersebut dimiliki oleh individual (perorangan) dan bukan dimiliki oleh pengelola gedung. Hal ini berbeda dengan kamar hotel, yang dikelola oleh hotel yang bersangkutan. Salah satu apartemen yang paling banyak disewa oleh pengunjung dari Indonesia adalah apartemen Lucky Plaza. Apartemen yang terletak satu kompleks dengan pusat perbelanjaan Lucky Plaza ini terletak di jantung-nya Orchard Road, pusat belanja-nya Singapura. Selain itu, lokasi apartemennya juga tidak jauh dari Mount Elizabeth Hospital, sebuah rumah sakit yang terkenal sering dikunjungi oleh orang-orang Indonesia.

Banyak sekali unit-unit di apartemen Lucky Plaza tersebut dimiliki oleh orang Indonesia di Singapura. Kalaupun unit apartemen tersebut dimiliki oleh orang Singapura, biasanya mereka memiliki pembantu orang Indonesia yang ikut membantu mengelola unit apartemen tersebut. Selain itu, banyak sekali restoran-restoran Indonesia yang sekarang “bertebaran” di pusat perbelanjaan Lucky Plaza, seperti Ayam Penyet Ria, Kantin Aneka, Es Teler 77 dan Ayam Bakar Ojolali, membuat Lucky Plaza sudah serasa “dimiliki” oleh orang Indonesia (dan orang Filipina, tentu saja, mengingat juga banyak sekali kios-kios orang Filipina disana).

Biaya sewa satu kamar di unit-unit apartemen tersebut berkisar antara $60-$80. Kalau sedang musim rame seperti akhir tahun, harganya bisa melambung ke $100 atau lebih, sementara kalau lagi sepi, harga bisa turun ke $40 (tapi ini dua tahun yang lalu, sekarang mungkin udah susah nyari harga segitu). Ada dua tipe kamar: master bedroom dan common room. Master bedroom adalah kamar utama di unit apartemen tersebut, dan biasanya mempunyai kamar mandi sendiri di dalam. Sedangkan common room adalah kamar lainnya di unit apartemen tersebut, dan tidak mempunyai kamar mandi sendiri jadi harus sharing dengan orang lain yang menyewa common room lain di unit apartemen tersebut. Harga master bedroom tentu saja biasanya lebih mahal dibandingkan harga common room, biasanya terpaut $20-$30.

Saya baru saja mengumpulkan informasi mengenai daftar apartemen yang dimiliki oleh orang Indonesia (atau dimiliki oleh orang Singapura dengan pembantu orang Indonesia), yang bisa disewa harian berikut kontak-nya, tidak hanya di Lucky Plaza, tapi juga di daerah Orchard lainnya, di Chinatown, dan juga di daerah lain di Singapura. Informasi tersebut saya simpan di database wiki Indo-Sing, dan bisa diakses disini. Saya menyimpannya di wiki Indo-Sing, dan bukan di blog ini langsung, sehingga kalau ada tambahan atau perubahan, bisa dengan mudah saya update. Informasi tersebut saya dapat dari mailing list Indo-Sing dan juga dari blog komunitas IndoSing-Mums.

Semoga bermanfaat.
http://ip.sg.or.id/2006/12/12/sewa-apartemen-di-singapura/

3 komentar:

Lucky Plaza mengatakan...

Disewakan Kamar di Lucky Plaza. Sangat bersih. Baru 2 minggu. Datang & lihat sebelum memilih. Contact kamarluckyplaza@yahoo.com or call Yani (65) 8148 4341

sewa kamar mengatakan...

Pastikan anda lihat foto2 apartemen kami sebelum salah pilih. SANGAT UNIK. Buktikan hanya dgn kirim email ke kamarluckyplaza@yahoo.com

Winarni Sari mengatakan...

Bagi yang mau sewa apartemen Singapore yang bersih dan nyaman, coba dicek di

http://www.sewa-apartemen.net/sewa-apartemen-di-singapore.htm

Semoga membantu